Skip to main content

Motor Karisma

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah pada hari yang cerah ini, di bulan yang mulia ini penulis ingin menyampaikan sedikit pengalaman penulis mengenai sesuatu yang selalu menemani penulis kemana pun penulis pergi, alhamdulillah dia selalu menemani. Dia tidak mengenal lelah, letih, bahkan tidak pernah mengeluh ketika penulis ajak pergi jauh sekalipun. Dia ialah risma. Perempuan motor penulis yang penulis sudah kendarai dari masa-masa tsanawiyah sampai kini masa-masa akhir kuliah di UIN Jakarta.

Penulis akan bercerita sedikit mengenai si risma ini. Risma panggilan khusus penulis untuk motor yang dibuat oleh pabrik besar di jepang yakni Honda yang diberi nama kendaraan tersebut kharisma. Nama adalah suatu doa/harapan. Mungkin itulah alasan Honda menamai produk kendaraan ini dengan nama kharisma yang mungkin memiliki maksud agar konsumen yang mengendarai kelihatan berkharisma seperti penulis hehehe.. atau mungkin dengan fadhilah penamaan kharisma membuat pabrikan honda memiliki kharisma tersendiri dibandingkan pabrikan lain hehe.

Sudah cukup lah pengantar pengenalan si risma ini, penulis ingin lanjut mengenai sejarah bagaimana penulis bisa mulai mengendarai risma. Risma sendiri adalah kendaraan bermotor roda dua yang oleh penulis punya ncang (panggilan orang betawi untuk kakak dari ayah) diberikan untuk memudahkan penulis dalam kegiatan menuntut ilmu hehe, maklum lah jarak ke sekolah yang lumayan jauh, belom lagi jika menggunakan transportasi umum (angkot) ongkos yang dikeluarkan akan jauh lebih besar.

Alhamdulillah, beruntunglah penulis mempunyai ncang yang baik yang selalu mensupport pendidikan ponakan-ponakannya. Kali ini penulis akan memberitahukan teruntuk anak-anak muda yang mempunyai kendaraan bermotor agar kendaraan tersebut dirawat, di cuci, di service dengan rutin agar tidak sampai rusak. Karena, kendaraan bermotor apabila suatu komponen dibiarkan saja lama kelamaan, komponen tersebut akan mengalami aus hal inilah yang bisa berakibat fatal, lebih-lebih bisa merambat ke bagian-bagian motor yang lain, maka akan berdampak pula dengan ongkos/biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki motor kesayangan kita.

Penulis ingin membagikan pengalaman yang penulis rasakan ketika memperbaiki si risma ini. Pada masa-masa penulis kendarai risma mulai dari madrasah tsanawiyah sampai madrasah aliyah penulis akui penulis memakai kendaraan dengan tidak memperhatikan hak-hak kendaraan hehe.. Iya, jadi penulis kurang perhatian sama si risma. Makanya tidak jarang si risma ngambek dengan susah dihidupkan, asap yang dikeluarkan dari knalpot hitam pekat, belom ditambah copot rantai di jalan, lebih-lebih jika kehujanan si risma sulit untuk di hidupkan.

Oleh karena itulah, lambat laun penulis sadar, kalau penulis sudah dzalim sama si risma. Penulis ingin baikan lagi sama dia, dengan menservice rutin, mengganti spare part, bahkan baru-baru ini penulis memanjakan si risma dengan membelikan body baru untuknya belom lagi di tambah dengan stripping dan scotlet yang baru, semua itu penulis lakukan untuk membuat si risma kembali terlihat seperti motor yang baru dikeluarkan oleh pabrik hehe.. juga agar doi ngga ngambek lagi kalo di jalan.

Dan alhamdulillah, risma ngga ngambek lagi. Di jalan dia menjadi perhatian beberapa kendaraan yang melihat bodynya yang terlihat seperti baru, mungkin orang-orang yang melihat akan beranggapan bahwa pemiliknya pasti ulet, rajin, bisa merawat motor yang sudah berusia 14 tahunan tapi terlihat seperti baru. Padahal mah aslinya baru-baru aja mulai dirawat, diperbaiki semua hehe.
Inilah dokumentasi yang penulis abadikan untuk si risma, dari mulai doi di bongkar total hingga terakhir yakni proses stripping.







Jadi itulah proses yang dilalui si risma agar telihat cantik lagi hehe. Proses yang dilalui tidak langsung satu hari jadi melainkan beberapa hari, dikarenakan penulis mencari bengkel yang memiliki body kharisma ditambah stripping nya yang cukup sulit untuk ditemui dikarenakan risma merupakan kendaraan lama dan juga sudah lama tidak diproduksi kembali oleh honda.

Oh iya, bertepatan pada hari rabu kemaren penulis juga memanjakan si risma, memanjakan bukan dalam artian menservice tetapi memanjakan sekaligus membuktikan bahwa pengendaranya warga negara yang taat membayar pajak hehe. 

Jadi sekalian di hari terakhir sebelum menstripping si risma pagi hari sekitar pukul 07.30 penulis pergi ke samsat depok dekat taman merdeka. Sekedar informasi juga bagi yang ingin membayar pajak kendaraan jika tidak mau antri terlalu lama bisa datang pagi-pagi ya.. Oh iya. Jangan lupa juga untuk membawa berkas-berkas yang dibutuhkan agar tidak seperti penulis yang lupa membawa BPKB makanya ada tambahan biaya 30 ribu untuk legalisir STNK.

Jadi, jadilah pengendara yang sopan di jalan, taat berlalu lintas dan juga taat pajak.. hehe



Comments

Pembahasan Kisi-Kisi IPA Kelas VII Semester Genap TA 2018/2019

Materi SKI Kelas XI Semester 2

Bab 5 Proses Lahirnya dan Fase-Fase Pemerintahan Bani Abbasiyah Proses Lahirnya Abbasiyah Lahirnya Bani Abbasiyah tahun 750 M, adalah peran besar dari keturunan Hasyim yang bernama Abu Abbas. Nama Abbasiyah yang dipakai untuk nama bani ini adalah di ambil dari nama bapak pendiri Abbasiyah yaitu Abas bin Abdul Mutalib paman Nabi Muhammad Saw. Proses lahirnya Abbasiyah di mulai dari kemenangan Abu Abbas assafah dalam sebuah perang terbuka (al-Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar assafah karena dia pemberani dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan politiknya di perangi dan di kejar-kejar, diusir keluar dari wilayah kekuasaan Abbasiyah yang baru yang baru direbut dari Bani Umayyah I. Berdirinya Bani Abbasiyah tahun 750 M berarti secara formal semua wilayah kekuasaan Islam berada di bawah pemerintaan Abbasiyah termasuk semua bekas wilayah Bani Umayyah I kecuali wilayah Bani Umayyah ya

Makalah Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas individu   pada mata kuliah “Psikologi Pendidikan” Dosen Pengampu : Dr. Hj. Sururin, M.Ag. Disusun oleh : Muhammad Fahmi Dzajuli      (11150110000032) SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2016 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Pendidikan karakter bukanlah pendidikan yang berbasis hafalan. Pendidikan karakter merupakan pendidikan perilaku yang terbentuk dari kebiasaan dan keteladanan para pendidik, orang tua, para pemimpin, dan masyarakat yang merupakan lingkungan luas bagi pengembangan karakter anak. Sekolah adalah lembaga yang memikul beban untuk melaksanakan pendidikan karakter. Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional tahun   2003 pasal 1 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Pend

Kata Kerja Operasional (KKO) Revisi Taksonomi Bloom

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) REVISI TAKSONOMI BLOOM 1A)     RanahKognitif (Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. : 2001) Taksonomi Bloom Lama C1 (Pengrtahuan) C2 (Pemahaman) C3 (Aplikasi) C4 (Analisis) C5 (Sintesis) C6 (Evaluasi) Taksonomi Bloom Revisi C1 (Mengingat) C2 (Memahami) C3 (Mengaplikasikan) C4 (Menganalisis) C5 (Mengevaluasi) C6 (Mencipta) Mengingat (remember) Memahami (Understad) Mengaplikasikan Apply) Menganalisis (Analyze) Mengevaluasi (Evaluate) Mencipta (Create) Mengutip Menebitkan Menjelaskan Memasagkan Membaca Menamai Meninjau Mentabulasi Memberikode Menulis Menytakan Menunjukkan Mendaftar Menggambar Membilang Mengidentifikasi Menghafal Mencatat Meniru Memperkirakan Menceritajan Merinci Megubah

Pembahasan Kisi-Kisi IPA Kelas VII Semester Genap

PEMBAHASAN PENILAIAN AKHIR TAHUN MADRASAH TSANAWIYAH TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT Tahun Pelajaran            : 2018/2019 Mata Pelajaran            : IPA Kelas/Semester             : VII/Genap Alokasi Waktu            : 120 Menit Jumlah Soal                  : 40 Soal (35 Soal pilihan ganda, 5 soal uraian) Pembahas                    : Muhammad Fahmi Dzajuli Website                       : muhammadfahmidzajuli.blogspot.com Catatan : Pembahasan ini dibuat berdasarkan dari Kisi-Kisi PAT MTs Tingkat Provinsi Jawa Barat. بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيمِ No Soal Indikator Soal dan Pembahasan 1 Menunjukkan organisme dari tingkat terkecil secara berurutan. Jawab: Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu. 2 Bagian sel tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan. Jawab: Vakuola 3 Membedakan jaringan yang dimiliki hewan dan tumbuhan. Jawab: Ja

Daftar Nilai PTS IPA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Madrasah Tsanawiyah Al-Husna Depok

Daftar Nilai PTS IPA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Madrasah Tsanawiyah Al-Husna Silahkan klik disini

Makalah Poligami, Perjanjian Perkawinan dan Kawin Hamil

Poligami, Perjanjian Perkawinan dan Kawin Hamil Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok dan akan dipresentasikan pada mata kuliah “Fiqih Munakahat dan Mawaris”   Dosen Pengampu : Hj. Marhamah Saleh, Lc. MA Disusun oleh : Muhammad Fahmi Dzajuli               (11150110000032) M. Rifqi Hamzah Herlambang           (11150110000111) Mara Cindy Dianantifa                      (11150110000138) SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2016 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Berbicara tentang poligami, merupakan polemik tersendiri bagi umat muslim di seluruh dunia. Bahkan hal ini tidak jarang menjadi sorotan bagi ulama-ulama, para fuqoha, dan sebagainya. Seyogyanya mereka telah mengetahui bahwa poligami juga salah satu syari’at yang diajarkan di dalam Islam, dan telah dipaparkan di dalam ilmu fiqh dan ushul fi

Kisah Lucu : Ketika Sayyidina Umar bin Khattab dibuat Geram oleh Amr bin Ash

Ada hadits Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam... "Barangsiapa yang taat kepadaku berarti dia taat kepada Allah. Dan barangsiapa durhaka kepadaku berarti dia durhaka kepada Allah. Barangsiapa yang taat kepada pemimpin yang aku tunjuk maka dia taat kepadaku. Dan barangsiapa yang durhaka kepada pemimpin yang aku tunjuk berarti dia durhaka kepadaku". Terkait hadits di atas, ada kisah yang menarik di zaman sahabat Begini kisahnya... Seorang sahabat Nabi bernama Amr bin Ash radiyallahu’anhu. Beliau ini dulu musuh Islam. Setelah beliau masuk Islam tiga bulan, kemudian Nabi shalallahu’alaihi wasallam membentuk pasukan untuk menyerang salah satu suku besar arab yang memang dasarnya mau menyerang madinah. Amr bin Ash baru masuk Islam tiga bulan, oleh Nabi shalallhu’alaihi wasallam langsung ditunjuk jadi pemimpin pasukan. Dan di dalam pasukan itu ada Abu Bakar, ada Umar bin Khattab, ada Utsman bin Affan, ada Ali bin Abi Thalib, ada Zubai bin Awwam dan Sahabat mulia lainnya.

KISI-KISI PTS IPA KELAS 7 SEMESTER 1

Isian 1. Ditunjukkan tabel yang terdiri dari besaran, satuan dan alat ukur. Peserta didik dapat menentukan pasangan besaran, satuan dan alat ukur yang benar. 2. Peserta didik dapat mengetahui disebut apakah pengukuran besaran yang jika diulang pengukurannya oleh orang lain hasilnya tidak sama. 3. Peserta didik dapat mengetahui ketelitian alat ukur waktu (jam, stopwatch). 4. Disebutkan beberapa alat ukur. Peserta didik dapat menentukan alat ukur tersebut termasuk alat ukur untuk mengukur apa. 5. Peserta didik dapat menganalisis. Jika ada permasalahan seseorang melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat ukur (depa, hasta, tali) pasti terjadi perbedaan hasil pengukuran. Mengapa hal ini dapat terjadi dan disebut apakah satuan tersebut. 6. Disajikan gambar stopwatch. Peserta didik dapat menentukan waktu yang ditunjukkan oleh stopwatch. 7. Disajikan sebuah gambar neraca. Peserta didik diminta untuk menentukan besar massa benda yang diminta. (cara : massa benda-(beban

Materi Perkuliahan Pengembangan Kurikulum

MATERI PERKULIAHAN 1.       Kurikulum dalam Pendidikan a.       Kurikulum dalam UU UU No. 20   tahun 2003 pasal 1 ayat 9 : “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan”. b.       Kurikulum sebagai Mata Pelajaran Kurikulum sebagai mata pelajaran pada hakikatnya adalah kurikulum yang berisikan bidang studi. Sejumlah mata pelajaran yang harus di tempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. c.        Kurikulum sebagai Rencana Kurikulum harus di susun sedemikian rupa agar tujuannya dapat tercapai. Semua kesempatan dan kegiatan yang akan dan perlu dilakukan oleh siswa direncanakan dalam suatu kurikulum. d.       Kurikulum sebagai Hasil Belajar Kurikulum sebagai hasil belajar menunjukkan pergeseran kurikulum dari sebagai alat menjadi tujuan. Ini berarti bahwa kurikulum ide

Tugas IPA KBM di Rumah

TUGAS IPA KELAS 7 DAN 8 Bagi siswa/i kelas 7 Silahkan klik disini Bagi siswa/i kelas 8 Silahkan klik disini