Skip to main content

Pembahasan Kisi-Kisi IPA Kelas VII Semester Genap



PEMBAHASAN PENILAIAN AKHIR TAHUN MADRASAH TSANAWIYAH TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT

Tahun Pelajaran           : 2018/2019
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/Semester            : VII/Genap
Alokasi Waktu            : 120 Menit
Jumlah Soal                 : 40 Soal (35 Soal pilihan ganda, 5 soal uraian)
Pembahas                    : Muhammad Fahmi Dzajuli
Website                       : muhammadfahmidzajuli.blogspot.com

Catatan : Pembahasan ini dibuat berdasarkan dari Kisi-Kisi PAT MTs Tingkat Provinsi Jawa Barat.
بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِيمِ
No Soal
Indikator Soal dan Pembahasan
1
Menunjukkan organisme dari tingkat terkecil secara berurutan.
Jawab:
Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu.
2
Bagian sel tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.
Jawab:
Vakuola
3
Membedakan jaringan yang dimiliki hewan dan tumbuhan.
Jawab:
Jaringan pada tumbuhan :
Jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan parenkim, jaringan pengangkut (xilem dan floem), jaringan penyokong (kolenkim dan sklerenkim).
Jaringan pada hewan :
Jaringan epitel, jaringan otot, jaringan penyokong (ikat, tulang rawan, tulang, darah dan limfa).
4
Menentukan pasangan jenis jaringan pada tumbuhan dan fungsinya.
Jawab:
1)      Jaringan epidermis (sebagai pelindung).
2)      Jaringan meristem (jaringan yang selnya aktif membelah diri).
3)      Jaringan parenkim (sebagai cadangan makanan, tempat fotosintesis, dll).
4)      Xilem (mengangkut air dan garam mineral ke seluruh bagian tumbuhan).
5)      Floem (mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
6)      Jaringan penyokong (menguatkan bagian dari tumbuhan).
5
Organ-organ yang berperan dalam sistem pernapasan.
Jawab:
Rongga hidung – faring – laring – trakea – bronkus – bronkiolus – alveolus.
6
Menunjukkan jenis gambar sistem organ.
Jawab:
7
Menunjukkan komponen biotik dalam ekosistem akuarium dengan benar.
Jawab:
Komponen biotik adalah komponen ekosistem berupa berbagai makhluk hidup dalam suatu ekosistem.
Ekosistem akuarium merupakan ekosistem buatan. Didalamnya biasanya terdapat produsen (tumbuhan) dan konsumen (ikan).
8
Menentukan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan (ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik).
Jawab:
1)      Pengaruh cacing tanah terhadap kesuburan tanah.
2)      Pengaruh tumbuhan terhadap tanah dan udara.
3)      Pengaruh manusia terhadap kesuburan.
9
Menganalisis akibat yang terjadi jika salah satu makhluk hidup pada bagan jaring-jaring makanan mengalami penurunan.
Jawab:
Contoh soal:
Jika petani melakukan pemberantasan serangga (belalang), maka jumlah katak akan berkurang, jumlah padi akan meningkat.
10
Menentukan komponen ekosistem yang merupakan populasi pada ekosistem laut.
Jawab:
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah.
Mencari pada ekosistem laut, manakah yang kumpulan individu sejenis.
11
Disajikan gambar piramida makanan. Komponen yang memiliki jumlah energi terbesar.
Jawab:
12
Contoh simbiosis parasitisme.
Jawab:
Simbiosis parasitisme adalah hubungan makhluk hidup yang satu mendapat keuntungan yang lain dirugikan. Contoh: simbiosis benalu yang menempel pada tumbuhan.
13
Pola interaksi antara hewan rayap dan flagellata.
Jawab:
Rayap dapat memakan kayu yang sangat keras karena di dalam rayap terdapat flagellata. Flagellata dapat mencerna kayu yang  sangat keras karena flagellata dapat mengelurkan enzim selulosa. (Simbiosis Mutualisme).
14
Upaya manusia melestarikan keanekaragaman makhluk hidup.
Jawab:
1). Menanam kembali hutan yang telah rusak (reboisasi).
2). Pemanfaatan bahan organik yang ramah lingkungan.
3). Membuat cagar alam dan suaka margasatwa.
15
Upaya mengatasi pencemaran air.
Jawab:
1)      Membuang sampah pada tempatnya.
2)      Mengolah limbah sebelum dibuang agar tidak membahayakan biota ekosistem di air.
3)      Tidak membuang pestisida ke sungai.
16
Dampak tercemarnya air sungai oleh bakteri E. Coli.
Jawab:
Penyakit diare, gatal-gatal bahkan keracunan.
17
Aktifitas alam yang dapat menyebabkan pencemaran udara.
Jawab:
1)      Kabut atau asap tebal dari kebakaran hutan.
2)      Abu vulkanik akibat erupsi gunung berapi.
18
Dampak dari pencemaran tanah.
Jawab:
1)      Kesuburan tanah berkurang bahkan bisa menjadi tidak subur.
2)      Pertumbuhan tanaman terganggu.
3)      Sarang penyakit.
19
Terdapat fenomena pencemaran tanah oleh minyak bumi, upaya yang dapat menanggulangi pencemaran tersebut.
Jawab:
Melakukan remediasi (kegiatan membersihkan permukaan tanah yang tercemar).
Melakukan bioremediasi (proses pembersihan pencemaran tanah dengan mikroorganisme).
20
Keuntungan efek rumah kaca.
Jawab:
Adanya gas-gas rumah kaca membuat iklim Bumi layak dihuni. Tanpa adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi akan berubah sekitar 60°F atau 15,6°C lebih dingin.
21
Kelompok gas rumah kaca.
Jawab:
CO₂ (Karbondioksida)
SF (Sulfurheksafluorida)
NO (Nitroksida)
HFC (Hidrofluorokarbon)
PFC (Perfluorokarbon)
CH₄ (Metana).
22
Aktifitas yang dapat meningkatkan kadar CO di udara.
Jawab:
Pembakaran bahan bakar fosil di sektor energi, industri, transportasi, deforestasi, dan pertanian.
23
Upaya menanggulangi pemanasan global.
Jawab:
1). Menggunakan energi terbarukan.
2). Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.
3). Mengurangi deforestation.
4). Mengurangi penggunaan CFC.
5). Mendukung program penghijauan/reboisasi.
24
Gas terbesar penyusun atmosfer bumi.
Jawab:
78% Nitrogen, 21% Oksigen, dan 1% Uap air, Karbondioksida dan gas lain.
25
Lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari meteor.
Jawab:
Urutan lapisan atmosfer Bumi: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksossfer.
Lapisan yang melindungi Bumi dari meteor adalah lapisan mesosfer.
26
Mengurutkan lapisan litosfer dari dalam sampai permukaan bumi.
Jawab:
Litosfer adalah lapisan bebatuan yang menyelimuti Bumi.
Inti bumi – mantel bumi – kerak bumi
27
Jenis awan yang memungkinkan terjadinya hujan.
Jawab:
Awan Cumulonimbus.
28
Gempa bumi yang berakibat pada terjadinya tsunami.
Jawab:
Syarat gempa bumi yang menyebabkan tsunami :
1). Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan berupa gempa dangkal (0-30 km).
2). Gempa bumi berkekuatan sekurang-kurangnya 6,5 skala Richter.
3). Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun.
29
Penyebab terjadinya bencana tsunami Selat Sunda.
Jawab:
Gelombang tinggi karena cuaca, erupsi gunung anak krakatau, tsunami di Banten dan Lampung.
30
Tindakan pengurangan resiko sebelum bencana terjadi.
Jawab:
Jika didalam bangunan, cari tempat perlindungan.
Menjauh dari jendela atau kaca.
Tetap tenang.
Jika berada diluar cari tempat terbuka.
Laporkan kepada pemerintah, atau instansi pemerintah di daerah.
Selamatkan diri kita, bukan barang kita, apalagi mantan. (tinggalin aja...) hehe
31
Mengurutkan planet-planet yang terdekat dengan matahari.
Jawab:
Matahari – Merkurius – Venus – Bumi – Mars – Yupiter – Saturnus – Uranus – Neptunus.
32
Ciri-ciri Asteroid.
Jawab:
1). Terletak diantara orbit mars dan yupiter.
2). Berputar mengelilingi matahari.
3). Bentuk tidak beraturan dan ukurannya beragam
33
Pengertian rotasi Bumi.
Jawab:
Rotasi bumi adalah gerakan bumi berputar pada porosnya.
34
Jenis-jenis pasang surut.
Jawab:
1). Pasang surut harian.
2). Pasang surut tengah harian.
3). Pasang surut campuran.
35
Posisi bulan saat terjadi gerhana bulan sebagian.
Jawab:
Posisi bulan ada pada nomor 3 dan 7.
36
Disajikan beberapa jenis makhluk hidup, peserta didik dapat membuat jaring-jaring makanan dan interaksi makhluk hidup tersebut.
Jawab:
 
37
Contoh penanggulangan limbah rumah tangga melalui 4R (Reuse, Recycle, Reduce, dan Repair).
Jawab:
1)      Reuse (penggunaan ulang)
Contoh: botol bekas sirup dapat digunakan lagi untuk menyimpan air minum.
2)      Recyle (Pendaurulangan)
Contoh: Plastik bekas detergen di daur ulang menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual.
3)      Reduce (Pengurangan/Penghematan)
Contoh: jika berbelanja sebaiknya membawa tas, jangan meminta tas plastik dari toko/supermarket.
4)      Repair (Pemeliharaan)
Contoh: Membuang sampah tidak sembarangan
38
Sebutkan 4 dampak pemanasan global.
Jawab:
1). Temperatur Bumi menjadi semakin tinggi.
2). Mencairnya glasier sehingga air laut meningkat.
3). Hilangnya terumbu karang.
4). Kepunahan spesies.
5). Kegagalan panen besar-besaran.
6). Penipisan lapisan ozon
39
Sebutkan 4 dampak revolusi bumi.
Jawab:
1.      Perbedaan lamanya siang dan malam hari.
2.      Adanya pergantian musim.
3.      Tahun kalender matahari (masehi).
4.      Gerak semu matahari.
5.      Perbedaan lokasi kemunculan benda langit tiap bulannya.
40
Buatlah skema gerhana matahari dan gerhana bulan:
a.      Mengurutkan matahari, bumi dan bulan sesuai jenis gerhana.
b.      Menggambarkan jalannya sinar matahari.
Menggambarkan terbentuknya bayangan bulan di bumi dan bayangan bumi di bulan.
Jawab:
Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi berada di antara matahari dan bulan.
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada diantara matahari dan bumi.


Untuk File Format Word..
Klik disini

الْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ الْعَالَÙ…ِينَ

Comments

Pembahasan Kisi-Kisi IPA Kelas VII Semester Genap TA 2018/2019

Materi SKI Kelas XI Semester 2

Bab 5 Proses Lahirnya dan Fase-Fase Pemerintahan Bani Abbasiyah Proses Lahirnya Abbasiyah Lahirnya Bani Abbasiyah tahun 750 M, adalah peran besar dari keturunan Hasyim yang bernama Abu Abbas. Nama Abbasiyah yang dipakai untuk nama bani ini adalah di ambil dari nama bapak pendiri Abbasiyah yaitu Abas bin Abdul Mutalib paman Nabi Muhammad Saw. Proses lahirnya Abbasiyah di mulai dari kemenangan Abu Abbas assafah dalam sebuah perang terbuka (al-Zab) melawan khalifah Bani Umayyah yang terakhir yaitu Marwan bin Muhammad. Abu Abbas diberi gelar assafah karena dia pemberani dan dia mampu memainkan mata pedangnya kepada lawan politiknya. Semua lawan politiknya di perangi dan di kejar-kejar, diusir keluar dari wilayah kekuasaan Abbasiyah yang baru yang baru direbut dari Bani Umayyah I. Berdirinya Bani Abbasiyah tahun 750 M berarti secara formal semua wilayah kekuasaan Islam berada di bawah pemerintaan Abbasiyah termasuk semua bekas wilayah Bani Umayyah I kecuali wilayah Bani Umayyah ya

Makalah Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas individu   pada mata kuliah “Psikologi Pendidikan” Dosen Pengampu : Dr. Hj. Sururin, M.Ag. Disusun oleh : Muhammad Fahmi Dzajuli      (11150110000032) SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2016 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Pendidikan karakter bukanlah pendidikan yang berbasis hafalan. Pendidikan karakter merupakan pendidikan perilaku yang terbentuk dari kebiasaan dan keteladanan para pendidik, orang tua, para pemimpin, dan masyarakat yang merupakan lingkungan luas bagi pengembangan karakter anak. Sekolah adalah lembaga yang memikul beban untuk melaksanakan pendidikan karakter. Dalam UU Sistem Pendidikan Nasional tahun   2003 pasal 1 dinyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian, dan akhlak mulia. Pend

Kata Kerja Operasional (KKO) Revisi Taksonomi Bloom

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) REVISI TAKSONOMI BLOOM 1A)     RanahKognitif (Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. : 2001) Taksonomi Bloom Lama C1 (Pengrtahuan) C2 (Pemahaman) C3 (Aplikasi) C4 (Analisis) C5 (Sintesis) C6 (Evaluasi) Taksonomi Bloom Revisi C1 (Mengingat) C2 (Memahami) C3 (Mengaplikasikan) C4 (Menganalisis) C5 (Mengevaluasi) C6 (Mencipta) Mengingat (remember) Memahami (Understad) Mengaplikasikan Apply) Menganalisis (Analyze) Mengevaluasi (Evaluate) Mencipta (Create) Mengutip Menebitkan Menjelaskan Memasagkan Membaca Menamai Meninjau Mentabulasi Memberikode Menulis Menytakan Menunjukkan Mendaftar Menggambar Membilang Mengidentifikasi Menghafal Mencatat Meniru Memperkirakan Menceritajan Merinci Megubah

Daftar Nilai PTS IPA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Madrasah Tsanawiyah Al-Husna Depok

Daftar Nilai PTS IPA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 Madrasah Tsanawiyah Al-Husna Silahkan klik disini

Makalah Poligami, Perjanjian Perkawinan dan Kawin Hamil

Poligami, Perjanjian Perkawinan dan Kawin Hamil Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok dan akan dipresentasikan pada mata kuliah “Fiqih Munakahat dan Mawaris”   Dosen Pengampu : Hj. Marhamah Saleh, Lc. MA Disusun oleh : Muhammad Fahmi Dzajuli               (11150110000032) M. Rifqi Hamzah Herlambang           (11150110000111) Mara Cindy Dianantifa                      (11150110000138) SEMESTER III JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2016 BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Berbicara tentang poligami, merupakan polemik tersendiri bagi umat muslim di seluruh dunia. Bahkan hal ini tidak jarang menjadi sorotan bagi ulama-ulama, para fuqoha, dan sebagainya. Seyogyanya mereka telah mengetahui bahwa poligami juga salah satu syari’at yang diajarkan di dalam Islam, dan telah dipaparkan di dalam ilmu fiqh dan ushul fi

Kisah Lucu : Ketika Sayyidina Umar bin Khattab dibuat Geram oleh Amr bin Ash

Ada hadits Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam... "Barangsiapa yang taat kepadaku berarti dia taat kepada Allah. Dan barangsiapa durhaka kepadaku berarti dia durhaka kepada Allah. Barangsiapa yang taat kepada pemimpin yang aku tunjuk maka dia taat kepadaku. Dan barangsiapa yang durhaka kepada pemimpin yang aku tunjuk berarti dia durhaka kepadaku". Terkait hadits di atas, ada kisah yang menarik di zaman sahabat Begini kisahnya... Seorang sahabat Nabi bernama Amr bin Ash radiyallahu’anhu. Beliau ini dulu musuh Islam. Setelah beliau masuk Islam tiga bulan, kemudian Nabi shalallahu’alaihi wasallam membentuk pasukan untuk menyerang salah satu suku besar arab yang memang dasarnya mau menyerang madinah. Amr bin Ash baru masuk Islam tiga bulan, oleh Nabi shalallhu’alaihi wasallam langsung ditunjuk jadi pemimpin pasukan. Dan di dalam pasukan itu ada Abu Bakar, ada Umar bin Khattab, ada Utsman bin Affan, ada Ali bin Abi Thalib, ada Zubai bin Awwam dan Sahabat mulia lainnya.

KISI-KISI PTS IPA KELAS 7 SEMESTER 1

Isian 1. Ditunjukkan tabel yang terdiri dari besaran, satuan dan alat ukur. Peserta didik dapat menentukan pasangan besaran, satuan dan alat ukur yang benar. 2. Peserta didik dapat mengetahui disebut apakah pengukuran besaran yang jika diulang pengukurannya oleh orang lain hasilnya tidak sama. 3. Peserta didik dapat mengetahui ketelitian alat ukur waktu (jam, stopwatch). 4. Disebutkan beberapa alat ukur. Peserta didik dapat menentukan alat ukur tersebut termasuk alat ukur untuk mengukur apa. 5. Peserta didik dapat menganalisis. Jika ada permasalahan seseorang melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat ukur (depa, hasta, tali) pasti terjadi perbedaan hasil pengukuran. Mengapa hal ini dapat terjadi dan disebut apakah satuan tersebut. 6. Disajikan gambar stopwatch. Peserta didik dapat menentukan waktu yang ditunjukkan oleh stopwatch. 7. Disajikan sebuah gambar neraca. Peserta didik diminta untuk menentukan besar massa benda yang diminta. (cara : massa benda-(beban

Materi Perkuliahan Pengembangan Kurikulum

MATERI PERKULIAHAN 1.       Kurikulum dalam Pendidikan a.       Kurikulum dalam UU UU No. 20   tahun 2003 pasal 1 ayat 9 : “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang di gunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan”. b.       Kurikulum sebagai Mata Pelajaran Kurikulum sebagai mata pelajaran pada hakikatnya adalah kurikulum yang berisikan bidang studi. Sejumlah mata pelajaran yang harus di tempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. c.        Kurikulum sebagai Rencana Kurikulum harus di susun sedemikian rupa agar tujuannya dapat tercapai. Semua kesempatan dan kegiatan yang akan dan perlu dilakukan oleh siswa direncanakan dalam suatu kurikulum. d.       Kurikulum sebagai Hasil Belajar Kurikulum sebagai hasil belajar menunjukkan pergeseran kurikulum dari sebagai alat menjadi tujuan. Ini berarti bahwa kurikulum ide

Tugas IPA KBM di Rumah

TUGAS IPA KELAS 7 DAN 8 Bagi siswa/i kelas 7 Silahkan klik disini Bagi siswa/i kelas 8 Silahkan klik disini