1. Ditunjukkan tabel yang terdiri dari besaran, satuan dan alat ukur. Peserta didik dapat menentukan pasangan besaran, satuan dan alat ukur yang benar.
2. Peserta didik dapat mengetahui disebut apakah pengukuran besaran yang jika diulang pengukurannya oleh orang lain hasilnya tidak sama.
3. Peserta didik dapat mengetahui ketelitian alat ukur waktu (jam, stopwatch).
4. Disebutkan beberapa alat ukur. Peserta didik dapat menentukan alat ukur tersebut termasuk alat ukur untuk mengukur apa.
5. Peserta didik dapat menganalisis. Jika ada permasalahan seseorang melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat ukur (depa, hasta, tali) pasti terjadi perbedaan hasil pengukuran. Mengapa hal ini dapat terjadi dan disebut apakah satuan tersebut.
6. Disajikan gambar stopwatch. Peserta didik dapat menentukan waktu yang ditunjukkan oleh stopwatch.
7. Disajikan sebuah gambar neraca. Peserta didik diminta untuk menentukan besar massa benda yang diminta.
(cara : massa benda-(beban 1+beban 2)).
Catatan: perhatikan satuan. Jika belum sama, samakan terlebih dahulu satuannya.
8. Disajikan gambar neraca tiga lengan. Peserta didik diminta untuk menghitung besar massa benda tersebut.
(cara: beban 1+beban 2+beban 3).
9. Peserta didik dapat mengetahui seorang tokoh ilmuwan biologi yang dijuluki sebagai Bapak Klasifikasi.
10. Peserta didik dapat mengetahui seorang tokoh ilmuwan biologi yang mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 kingdom.
11. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari binomial nomenklatur.
12. Peserta didik dapat mengetahui manfaat yang diperoleh dari alat bantu berupa kunci determinasi.
13. Peserta didik dapat mengetahui beberapa cabang ilmu biologi, terutama cabang ilmu biologi yang berisi mengenai hubungan kekerabatan antara hewan satu dengan hewan lainnya.
14. Peserta didik dapat mengetahui bahwa manusia dan suatu hewan dapat digolongkan dalam kelas yang sama. Hewan apa saja yang dapat digolongkan dalam kelas yang sama dengan manusia.
15. Disajikan gambar beberapa hewan (Nyamuk, lumba-lumba, kucing, dan kupu-kupu). Peserta didik diminta untuk mengelompokkan hewan tersebut didasari pada kesamaan apa.
16. Disajikan gambar bijih yang tumbuh akar, kemudian batang dan daun. Peserta didik diminta untuk menganalisis ciri-ciri yang terdapat pada makhluk hidup tersebut dikatakan sebagai ciri makhluk hidup apa.
17. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari perubahan wujub benda/zat (Padat, Mencair, Menyublim, Membeku, Deposisi, Menguap).
18. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari, unsur, senyawa dan campuran.
19. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari perubahan wujub benda/zat (Padat, Mencair, Menyublim, Membeku, Deposisi, Menguap).
20. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari, unsur, senyawa dan campuran.
2. Peserta didik dapat mengetahui disebut apakah pengukuran besaran yang jika diulang pengukurannya oleh orang lain hasilnya tidak sama.
3. Peserta didik dapat mengetahui ketelitian alat ukur waktu (jam, stopwatch).
4. Disebutkan beberapa alat ukur. Peserta didik dapat menentukan alat ukur tersebut termasuk alat ukur untuk mengukur apa.
5. Peserta didik dapat menganalisis. Jika ada permasalahan seseorang melakukan kegiatan pengukuran dengan menggunakan alat ukur (depa, hasta, tali) pasti terjadi perbedaan hasil pengukuran. Mengapa hal ini dapat terjadi dan disebut apakah satuan tersebut.
6. Disajikan gambar stopwatch. Peserta didik dapat menentukan waktu yang ditunjukkan oleh stopwatch.
7. Disajikan sebuah gambar neraca. Peserta didik diminta untuk menentukan besar massa benda yang diminta.
(cara : massa benda-(beban 1+beban 2)).
Catatan: perhatikan satuan. Jika belum sama, samakan terlebih dahulu satuannya.
8. Disajikan gambar neraca tiga lengan. Peserta didik diminta untuk menghitung besar massa benda tersebut.
(cara: beban 1+beban 2+beban 3).
9. Peserta didik dapat mengetahui seorang tokoh ilmuwan biologi yang dijuluki sebagai Bapak Klasifikasi.
10. Peserta didik dapat mengetahui seorang tokoh ilmuwan biologi yang mengelompokkan makhluk hidup menjadi 5 kingdom.
11. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari binomial nomenklatur.
12. Peserta didik dapat mengetahui manfaat yang diperoleh dari alat bantu berupa kunci determinasi.
13. Peserta didik dapat mengetahui beberapa cabang ilmu biologi, terutama cabang ilmu biologi yang berisi mengenai hubungan kekerabatan antara hewan satu dengan hewan lainnya.
14. Peserta didik dapat mengetahui bahwa manusia dan suatu hewan dapat digolongkan dalam kelas yang sama. Hewan apa saja yang dapat digolongkan dalam kelas yang sama dengan manusia.
15. Disajikan gambar beberapa hewan (Nyamuk, lumba-lumba, kucing, dan kupu-kupu). Peserta didik diminta untuk mengelompokkan hewan tersebut didasari pada kesamaan apa.
16. Disajikan gambar bijih yang tumbuh akar, kemudian batang dan daun. Peserta didik diminta untuk menganalisis ciri-ciri yang terdapat pada makhluk hidup tersebut dikatakan sebagai ciri makhluk hidup apa.
17. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari perubahan wujub benda/zat (Padat, Mencair, Menyublim, Membeku, Deposisi, Menguap).
18. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari, unsur, senyawa dan campuran.
19. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari perubahan wujub benda/zat (Padat, Mencair, Menyublim, Membeku, Deposisi, Menguap).
20. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari, unsur, senyawa dan campuran.
Essay
21. Peserta didik dapat mengetahui pengertian dari besaran pokok dan besaran turunan.22. Peserta didik dapat menyebutkan beberapa syarat satuan dapat dikatakan satuan baku atau standar.
23. Peserta didik dapat mengetahui manfaat yang diperoleh dari mempelajari klasifikasi makhluk hidup.
24. Peserta didik dapat mengetahui perbedaan campuran homogen dengan campuran heterogen. Disertai dengan contohnya.
25. Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan perubahan fisika dengan perubahan kimia.
Download Kisi-Kisi IPA Kelas 7 Format Word
Klik disini
Comments
Post a Comment