PEMBAHASAN PENILAIAN AKHIR TAHUN MADRASAH TSANAWIYAH TINGKAT
PROVINSI JAWA BARAT
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/Genap
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal :
40 Soal (35 Soal pilihan ganda, 5 soal uraian)
Pembahas : Muhammad Fahmi Dzajuli
Website :
muhammadfahmidzajuli.blogspot.com
Catatan : Pembahasan ini
dibuat berdasarkan dari Kisi-Kisi PAT MTs Tingkat Provinsi Jawa Barat.
بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ
الرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِيمِ
No Soal
|
Indikator Soal dan Pembahasan
|
1
|
Menunjukkan organisme dari tingkat terkecil secara berurutan.
|
Jawab:
|
Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Individu.
|
2
|
Bagian sel tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan
cadangan makanan.
|
Jawab:
|
Vakuola
|
3
|
Membedakan jaringan yang dimiliki hewan dan tumbuhan.
|
Jawab:
|
Jaringan pada tumbuhan :
Jaringan epidermis, jaringan meristem, jaringan parenkim,
jaringan pengangkut (xilem dan floem), jaringan penyokong (kolenkim dan
sklerenkim).
Jaringan pada hewan :
Jaringan epitel, jaringan otot, jaringan penyokong (ikat, tulang
rawan, tulang, darah dan limfa).
|
4
|
Menentukan pasangan jenis jaringan pada tumbuhan dan fungsinya.
|
Jawab:
|
1)
Jaringan
epidermis (sebagai pelindung).
2)
Jaringan
meristem (jaringan yang selnya aktif membelah diri).
3)
Jaringan
parenkim (sebagai cadangan makanan, tempat fotosintesis, dll).
4)
Xilem
(mengangkut air dan garam mineral ke seluruh bagian tumbuhan).
5)
Floem
(mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
6)
Jaringan
penyokong (menguatkan bagian dari tumbuhan).
|
5
|
Organ-organ yang berperan dalam sistem pernapasan.
|
Jawab:
|
Rongga hidung – faring – laring – trakea – bronkus – bronkiolus –
alveolus.
|
6
|
Menunjukkan jenis gambar sistem organ.
|
Jawab:
|
|
7
|
Menunjukkan komponen biotik dalam ekosistem akuarium dengan
benar.
|
Jawab:
|
Komponen biotik adalah komponen ekosistem berupa berbagai makhluk
hidup dalam suatu ekosistem.
Ekosistem akuarium merupakan ekosistem buatan. Didalamnya
biasanya terdapat produsen (tumbuhan) dan konsumen (ikan).
|
8
|
Menentukan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan
(ketergantungan komponen biotik terhadap komponen abiotik).
|
Jawab:
|
1)
Pengaruh
cacing tanah terhadap kesuburan tanah.
2)
Pengaruh
tumbuhan terhadap tanah dan udara.
3)
Pengaruh
manusia terhadap kesuburan.
|
9
|
Menganalisis akibat yang terjadi jika salah satu makhluk hidup
pada bagan jaring-jaring makanan mengalami penurunan.
|
Jawab:
|
Contoh soal:
Jika petani melakukan pemberantasan serangga (belalang), maka
jumlah katak akan berkurang, jumlah padi akan meningkat.
|
10
|
Menentukan komponen ekosistem yang merupakan populasi pada
ekosistem laut.
|
Jawab:
|
Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang menempati suatu
daerah.
Mencari pada ekosistem laut, manakah yang kumpulan individu
sejenis.
|
11
|
Disajikan gambar piramida makanan. Komponen yang memiliki jumlah
energi terbesar.
|
Jawab:
|
|
12
|
Contoh simbiosis parasitisme.
|
Jawab:
|
Simbiosis parasitisme adalah hubungan makhluk hidup yang satu
mendapat keuntungan yang lain dirugikan. Contoh: simbiosis benalu yang
menempel pada tumbuhan.
|
13
|
Pola interaksi antara hewan rayap dan flagellata.
|
Jawab:
|
Rayap dapat memakan kayu yang sangat keras karena di dalam rayap
terdapat flagellata. Flagellata dapat mencerna kayu yang sangat keras karena flagellata dapat mengelurkan
enzim selulosa. (Simbiosis Mutualisme).
|
14
|
Upaya manusia melestarikan keanekaragaman makhluk hidup.
|
Jawab:
|
1). Menanam kembali hutan yang telah rusak (reboisasi).
2). Pemanfaatan bahan organik yang ramah lingkungan.
3). Membuat cagar alam dan suaka margasatwa.
|
15
|
Upaya mengatasi pencemaran air.
|
Jawab:
|
1)
Membuang
sampah pada tempatnya.
2)
Mengolah
limbah sebelum dibuang agar tidak membahayakan biota ekosistem di air.
3)
Tidak
membuang pestisida ke sungai.
|
16
|
Dampak tercemarnya air sungai oleh bakteri E. Coli.
|
Jawab:
|
Penyakit diare, gatal-gatal bahkan keracunan.
|
17
|
Aktifitas alam yang dapat menyebabkan pencemaran udara.
|
Jawab:
|
1)
Kabut
atau asap tebal dari kebakaran hutan.
2)
Abu
vulkanik akibat erupsi gunung berapi.
|
18
|
Dampak dari pencemaran tanah.
|
Jawab:
|
1)
Kesuburan
tanah berkurang bahkan bisa menjadi tidak subur.
2)
Pertumbuhan
tanaman terganggu.
3)
Sarang
penyakit.
|
19
|
Terdapat fenomena pencemaran tanah oleh minyak bumi, upaya yang
dapat menanggulangi pencemaran tersebut.
|
Jawab:
|
Melakukan remediasi (kegiatan membersihkan permukaan tanah yang
tercemar).
Melakukan bioremediasi (proses pembersihan pencemaran tanah
dengan mikroorganisme).
|
20
|
Keuntungan efek rumah kaca.
|
Jawab:
|
Adanya gas-gas rumah kaca membuat iklim Bumi layak dihuni. Tanpa
adanya efek rumah kaca, permukaan Bumi akan berubah sekitar 60°F atau 15,6°C
lebih dingin.
|
21
|
Kelompok gas rumah kaca.
|
Jawab:
|
CO₂ (Karbondioksida)
SF₆ (Sulfurheksafluorida)
N₂O (Nitroksida)
HFC (Hidrofluorokarbon)
PFC (Perfluorokarbon)
CH₄ (Metana).
|
22
|
Aktifitas yang dapat meningkatkan kadar CO₂
di udara.
|
Jawab:
|
Pembakaran
bahan bakar fosil di sektor energi, industri, transportasi, deforestasi, dan
pertanian.
|
23
|
Upaya menanggulangi pemanasan global.
|
Jawab:
|
1). Menggunakan energi terbarukan.
2). Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.
3). Mengurangi deforestation.
4). Mengurangi penggunaan CFC.
5). Mendukung program penghijauan/reboisasi.
|
24
|
Gas terbesar penyusun atmosfer bumi.
|
Jawab:
|
78% Nitrogen, 21% Oksigen, dan 1% Uap air, Karbondioksida dan gas
lain.
|
25
|
Lapisan atmosfer yang melindungi bumi dari meteor.
|
Jawab:
|
Urutan lapisan atmosfer Bumi: Troposfer, Stratosfer, Mesosfer,
Termosfer dan Eksossfer.
Lapisan yang melindungi Bumi dari meteor adalah lapisan mesosfer.
|
26
|
Mengurutkan lapisan litosfer dari dalam sampai permukaan bumi.
|
Jawab:
|
Litosfer adalah lapisan bebatuan yang menyelimuti Bumi.
Inti bumi – mantel bumi – kerak bumi
|
27
|
Jenis awan yang memungkinkan terjadinya hujan.
|
Jawab:
|
Awan Cumulonimbus.
|
28
|
Gempa bumi yang berakibat pada terjadinya tsunami.
|
Jawab:
|
Syarat gempa bumi yang menyebabkan tsunami :
1). Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan berupa gempa
dangkal (0-30 km).
2). Gempa bumi berkekuatan sekurang-kurangnya 6,5 skala Richter.
3). Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun.
|
29
|
Penyebab terjadinya bencana tsunami Selat Sunda.
|
Jawab:
|
Gelombang tinggi karena cuaca, erupsi gunung anak krakatau,
tsunami di Banten dan Lampung.
|
30
|
Tindakan pengurangan resiko sebelum bencana terjadi.
|
Jawab:
|
Jika didalam bangunan, cari tempat perlindungan.
Menjauh dari jendela atau kaca.
Tetap tenang.
Jika berada diluar cari tempat terbuka.
Laporkan kepada pemerintah, atau instansi pemerintah di daerah.
Selamatkan diri kita, bukan barang kita, apalagi mantan.
(tinggalin aja...) hehe
|
31
|
Mengurutkan planet-planet yang terdekat dengan matahari.
|
Jawab:
|
Matahari – Merkurius – Venus – Bumi – Mars – Yupiter – Saturnus –
Uranus – Neptunus.
|
32
|
Ciri-ciri Asteroid.
|
Jawab:
|
1). Terletak diantara orbit mars dan yupiter.
2). Berputar mengelilingi matahari.
3). Bentuk tidak beraturan dan ukurannya beragam
|
33
|
Pengertian rotasi Bumi.
|
Jawab:
|
Rotasi bumi adalah gerakan bumi berputar pada porosnya.
|
34
|
Jenis-jenis pasang surut.
|
Jawab:
|
1). Pasang surut harian.
2). Pasang surut tengah harian.
3). Pasang surut campuran.
|
35
|
Posisi bulan saat terjadi gerhana bulan sebagian.
|
Jawab:
|
Posisi bulan ada pada nomor 3 dan 7.
|
36
|
Disajikan beberapa jenis makhluk hidup, peserta didik dapat
membuat jaring-jaring makanan dan interaksi makhluk hidup tersebut.
|
Jawab:
|
|
37
|
Contoh penanggulangan limbah rumah tangga melalui 4R (Reuse,
Recycle, Reduce, dan Repair).
|
Jawab:
|
1)
Reuse
(penggunaan ulang)
Contoh:
botol bekas sirup dapat digunakan lagi untuk menyimpan air minum.
2)
Recyle
(Pendaurulangan)
Contoh:
Plastik bekas detergen di daur ulang menjadi kerajinan yang memiliki nilai
jual.
3)
Reduce
(Pengurangan/Penghematan)
Contoh:
jika berbelanja sebaiknya membawa tas, jangan meminta tas plastik dari
toko/supermarket.
4)
Repair
(Pemeliharaan)
Contoh:
Membuang sampah tidak sembarangan
|
38
|
Sebutkan 4 dampak pemanasan global.
|
Jawab:
|
1). Temperatur Bumi menjadi semakin tinggi.
2). Mencairnya glasier sehingga air laut meningkat.
3). Hilangnya terumbu karang.
4). Kepunahan spesies.
5). Kegagalan panen besar-besaran.
6). Penipisan lapisan ozon
|
39
|
Sebutkan 4 dampak revolusi bumi.
|
Jawab:
|
1.
Perbedaan
lamanya siang dan malam hari.
2.
Adanya
pergantian musim.
3.
Tahun
kalender matahari (masehi).
4.
Gerak
semu matahari.
5.
Perbedaan
lokasi kemunculan benda langit tiap bulannya.
|
40
|
Buatlah skema gerhana matahari dan gerhana bulan:
a.
Mengurutkan matahari, bumi dan bulan sesuai jenis gerhana.
b.
Menggambarkan jalannya sinar matahari.
Menggambarkan terbentuknya bayangan bulan di bumi dan bayangan
bumi di bulan.
|
Jawab:
|
Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi berada di antara
matahari dan bulan.
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada diantara
matahari dan bumi.
|
الْØَÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ
الْعَالَÙ…ِينَ
Comments
Post a Comment